Review: BlackBerry Classic, Tetap Klasik, dengan Tombol Fisik



Tidak bisa dipungkiri, jumlah pengguna smartphone BlackBerry memang mengalami penurunan drastis jika dibandingkan dengan pengguna smartphone Android atau iOS. Namun, BlackBerry masih memiliki penggemar berat di beberapa negara di dunia, termasuk di Indonesia. Meski telah diluncurkan BlackBerry 10, banyak pengguna enggan beralih dari perangkat BlackBerry model lama karena terlanjur terpikat oleh fungsi QWERTY keyboard dan tombol kontrolnya yang memudahkan pengguna dalam berkomunikasi dan bekerja.

Guna memenuhi permintaan akan rancangan QWERTY keyboard dan tombol kontrol dan navigasi dengan sistem operasi BlackBerry 10, BlackBerry meluncurkan BlackBerry Classic. BlackBerry Classic dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengguna akan keamanan dan kecepatan dari BlackBerry 10 untuk keperluan produktivitas dan komunikasi dengan mengkolaborasikannya dalam desain klasik dari BlackBerry model lama.

Desain
131x72.4x10.2 mm; 177 g; QWERTY keyboard; Navigation bar; touchscreen; tombol lock/power, SIM card tray, SD card tray, speaker, port USB, port audio jack 3,5 mm

Sesuai dengan namanya, BlackBerry Classic membawa nuansa klasik yang mengingatkan akan desain dari BlackBerry model lama. Hadir dengan layar sentuh yang dikolaborasikan dengan tombol kontrol dan navigasi model lama, mengingatkan akan BlackBerry Bold 9900. BlackBerry Classic didesain dengan sedemikian rupa, sehingga memberikan kualitas rancangan yang kokoh dan premium. Perangkat ini memiliki frame yang solid dengan material stainless steel. Sisa bahan yang digunakan dalam perangkat ini termasuk berkualitas tinggi, yakni berbahan polikarbonat. Namun karena kerangka bajanya, membuat perangkat ini menghasilkan bobot yang berat, sekitar 177 g.


Berbeda dengan BlackBerry Q10 atau Passport yang hadir dengan mengkombinasikan antara QWERTY keyboard tanpa tombol kontrol dengan layar sentuh, BlackBerry Classic hadir dengan dilengkapi tombol kontrol dan navigasi serupa BlackBerry Bold 9900. Diatas deretan keyboard QWERTY, tersedia tombol Call, Menu BlackBerry, Track pad, tombol Escape dan End Call.

Bagian belakang bermaterial plastik polikarbonat dengan tekstur yang halus, membuatnya sangat nyaman saat digenggam. Berkat tekstur lembut di bagian belakang dan juga material yang digunakan untuk keyboardnya, membuat aktivitas mengetik semakin nyaman, bahkan walau hanya dengan satu tangan.


Di tepi sebelah kiri, akan ditemukan slot SIM card dan Micro SD yang harus dicabut menggunakan SIM Card Ejector yang tersedia. Saat menggunakan SIM Card Ejector perangkat iPhone, ternyata tidak pas. Di sisi kanan ada tombol pengatur suara dan tombol play/pause untuk kontrol media. Tombol Power dan port audio jack 3.5mm ada di sisi atas, sedangkan slim port USB dan speaker disematkan di sisi bawah.



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Review: BlackBerry Classic, Tetap Klasik, dengan Tombol Fisik"

Post a Comment