Pembentukan Tim Transisi PSSI, Netizen Anggap Menpora Lambat

Menpora Umumkan Tim Transisi PSSI – sumber foto: Istimewa

Eveline - Menindaklanjuti pembekuan kepengurusan dan semua kegiatan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi pada 17 April 2015, sehari sebelum Kongres Luar Biasa PSSI di Surabaya, Menpora akhirnya mengumumkan Tim Transisi yang diberi nama “Indonesia Memanggil” pada Jumat 8 Mei 2015 kemarin. Berdasarkan Surat Keputusan Menpora 17 April 2015, Tim Transisi ini akan “mengambil alih hak dan kewenangan PSSI sampai terbentuknya kepengurusan PSSI yang kompeten.

Dikutip dari CNNIndonesia, Deputi V Kemenpora Gatot S Dewa Broto menyebut Tim Transisi mempunyai 4 tugas utama; melakukan tugas yang menjadi fungsi PSSI, menyiapkan tim nasional untuk mengikuti kompetisi internasional, mempersiapkan kembali kompetisi, dan mempersiapkan kongres untuk menentukan pengurus PSSI yang baru.

Menpora Imam Nahrawi sendiri menunjuk 17 orang yang masuk ke dalam Tim Transisi PSSI ini. Terdiri dari beragam unsur seperti pemerintahan, pelaku olahraga, militer, swasta, hingga artis. Berikut adalah nama-nama anggota Tim Transisi; FX Rudy, Lodewijk Paulus, Ridwan Kamil, Eddy Rumpoko, Ricky yakobi, Bibit Samad Riyanto, Darmin Nasution, Cheppy T Wartono, Tommy Kurniawan, Iwan Lukminto, Francis Lukminto, Francis Wanandi, Saut h Sirait, Andre Darwis, Farid Husaini, Zuhairi Misrawi, Diaz Faizal Hendropriyono, dam Felix F. Wanggai.

Bagaimana tanggapan publik, khususnya netizen Indonesia atas pengumuman Tim Transisi PSSI ini? Berikut redaksi Eveline merangkumnya untuk Anda.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 7 -8 Mei 2015. Di mana terdapat total 11.881 tweet memperbincangkan kisruh pengelolaan sepakbola Indonesia paska pembekuan PSSI. Jumlah yang sangat besar untuk pemantauan pembicaraan di media sosial selama 2 hari. Menunjukkan betapa hal ini menjadi perhatian besar publik, khususnya netizen tanah air.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 11.161 tweet dicuitkan netizen yang menyebut Menpora lambat dalam bertindak untuk menyelesaikan persoalan PSSI ini. Dari pembekuan PSSI pada 17 April 2015 Menpora sudah memutuskan untuk membentuk Tim Transisi. Sebanyak 15.910 tweet menyuarakan rencana pembentukan tim ini berdasarkan Surat Keputusan Menpora tersebut.

Baru pada Jumat kemarin akhirnya Tim Transisi diumumnya. Netizen menyambutnya dengan tweet sebanyak 7.620 yang rata-rata menyebut langkah ini bagus namun mustinya lebih cepat diumumkan. Banyak netizen menyoroti nama-nama yang masuk ke Tim Transisi, khususnya mereka yang tidak punya track record yang berhubungan dengan dunia olahraga, khususnya sepakbola, seperti Andrew Darwis yang dikenal sebagai pendiri bisnis media Kaskus atau Tommy Kurniawan yang notabene adalah pemain sinetron.

Tim Transisi yang dikabarkan akan segera berkoordinasi dengan FIFA terkait dengan pembekuan PSSI. Sementara, komitmen Tim Transisi dan Kemenpora untuk segera menggulirkan kompetisi Liga Sepakbola Indonesia disambut netizen lewat 2.390 tweet. Sedangkan Tim Transisi yang akan didampingi tim teknis dalam pelaksanaan tugas-tugasnya mendapat pembicaraan sebanyak 880 tweet.

sumber : eveline.co.id

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pembentukan Tim Transisi PSSI, Netizen Anggap Menpora Lambat"

Post a Comment