Jelang Pernikahan Putra Presiden, Netizen Soroti Banyaknya Jumlah Undangan


eveline.co.id - Putra pertama presiden Indonesia Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, akan segera melakukan pernikahannya di Solo, Jawa Tengah. Gibran akan menikahi pujaan hatinya yang bernama Selvi Ananda. Selvi Ananda sendiri merupakan Puteri Solo pada tahun 2009 silam.

Pernikahan yang rencananya akan digelar di Gedung Graha Saba Buwana, Solo pada hari Kamis 11 Juni 2015 ini diperkirakan akan dihadiri sekitar 4000 orang undangan. Jumlah yang sangat banyak tentunya. Dan kabarnya pernikahan ini juga akan dihadiri oleh sekitar 2000 relawan.

Berdasarkan penanggalan Jawa, 11 Juni mendatang jatuh pada Kamis Legi. Jika diperhatikan secara seksama, hari pasaran Jawa pada Kamis Legi itu sama dengan weton Gibran yang lahir pada 1 Oktober 1987. Menurut Totok Yasmiran, seorang ahli pawukon asal Solo, umumnya pernikahan dengan adat Jawa selalu dilakukan sesuai dengan wetonnya.

Rencana pernikahan putra Presiden sudah tentu akan dihadiri oleh tamu-tamu penting. Informasi yang dikumpulkan oleh redaksi eveline, pihak istana pun akan turun tangan membantu protokoler acara. Sementara urusan pernak-pernik pengantin akan ditangani oleh keluarga langsung. Termasuk pakaian nikah pengantih langsung diurus oleh Ibu Negara. Dikabarkan, Ibu Iriana Jokowi telah memesan pakaian pengantin kepada dua perancang busana di Solo, Tuti Adib dan Hanif Aisyah Nanjaya.

Pernikahan Gibran ini pun tak lepas dari kontroversi. Jumlah undangan yang cukup banyak menjadi obrolan di media sosial. Kontroversi tentang jumlah undangan pernikahan Gibran – Selvi tidak lepas dari adanya Surat Keputusan (SK) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi (PANRB) tentang pembatasan tamu undangan pernikahan bagi pejabat negara dan pejabat daerah. Instruksi tersebut berlaku efektif mulai awal Januari 2015. Yuddy sendiri menyatakan bahwa keluarnya instruksi pembatasan tamu undangan acara pernikahan atas arahan Presiden Joko Widodo.

Nah, bagaimana pengguna twitter Indonesia menanggapi pernikahan putra pertama presiden Jokowi ini? Berikut Eveline merangkumnya untuk anda.

Pernikahan Gibran, putra pertama presiden Jokowi, memang sangat dielu-elukan pengguna sosmed. Dari pemantauan Eveline sejak tanggal 3 Juni sampai 4 Juni 2015 (hari ini), tercatat ada 12.503 tweet yang berkicau tentang pernikahan Gibran. Jumlah kicauan yang sangat besar mengingat data yang diperoleh hanya dengan jangka waktu satu hari. Hal ini sekaligus menunjukkan animo masyarakat atas hajad orang nomer satu di Indonesia tersebut.

Pernikahan yang diperkirakan menjadi acara akbar tahun ini akan dihadiri sekitar 4000 undangan. Jumlah undangan pernikahan yang cukup besar ini mendapat komentar sebanyak 1.340 tweet oleh pengguna twitter Indonesia. Disisi lain, direncanakan ada sekitar 2000 relawan yang secara aktif membantu  dan terlibat dalam pelaksanaan acara ini. Bisa dibayangkan betapa padatnya suasana pernikahan Gibran pada 11 Juni mendatang.

Kabar bahwa pernikahan Gibran menabrak SK Menteri PANRB terkait hidup sederhana juga menjadi perbincangan netizen di dunia maya. Banyaknya jumlah undangan pernikahan Gibran yang dianggap menyalahi SK Menteri PANRB ini mendapat kicauan sebanyak 506 tweet. Tak sampai disitu. Netizen pun secara sinis menyebutkan bahwa MENPAN RB Yuddy Chrisnandi mengecualikan Jokowi dalam SK tersebut. 1.263 twit berkicau tentang kabar pengecualian Menteri Yuddy ini. Pihak istana pun bergerak cepat. Mereka membantah kabar tersebut karena pernikahan ini bukan dilaksanakan oleh presiden, tapi dilaksanakan oleh keluarga perempuan.

Perbincangan lainnya yang cukup menarik perhatian pengguna media sosial twitter adalah adanya batik khusus untuk 200 wartawan yang akan meliput acara. 668 tweet dicuitkan oleh para onliner twitter ini tentang penggunaan batik khusus bagi wartawan peliput.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Jelang Pernikahan Putra Presiden, Netizen Soroti Banyaknya Jumlah Undangan"